Segarnya Udara di Hutan Pinus Mangunan

Dahulu di kawasan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul hanya terdapat bebukitan yang dikuasai oleh pepohonan pinus yang telah hidup bertahun-tahun dikawasan tersebut. Tumbuhan perdu serta ilalang juga menemani pohon pinus membuat bebukitan tersebut terlihat kotor dan tidak menarik untuk dipandang mata. Wilayah itu hanya dilewati oleh masyarakat sekitar yang hilir mudik setiap hari untuk beraktifitas.

Sekarang semuanya telah berubah. Kawasan ini telah disulap menjadi sebuah destinasi wisata yang layak dan nyaman untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang penasaran dengan keindahan hutan pinus ini. Perhutani sebagai pemilik lahan bekerjasama dengan pemerintah setempat dan juga masyarakat lokal mulai membersihkan dan merapikan kawasan tersebut sehingga lebih sedap dipandang mata. Selain itu mereka juga membangun berbagai macam wahana agar masyarakat yang datang bisa menikmati kawasan hutan dengan penuh antusias.

Pengelola membangun berbagai macam fasilitas untuk mendukung kenyamanan dan keamanan bagi para turis yang tidak pernah berhenti datang ke lokasi ini. Salah satu fasilitas wahana yang dibangun adalah rumah pohon atau gardu pandang. Di wahana ini wisatawan bisa menikmati pesona alam di kawasan hutan dan juga bisa berfoto di atas tempat tersebut. Dengan latar pohon-pohon pinus yang berjejer di belakang wisatawan maka hasil foto yang  akan sangat menarik dan tentu saja unik sehingga akan membangakan jika di pajang di media sosial.

Selain itu wisatawan bisa berfoto di pintu masuk dan juga panggung yang ada di dekat pintu masuk yang menandakan bahwa turis saat ini berada di kawasan hutan pinus mangunan. Panggung tersebut sangat unik sehingga pengunjung wajib berfoto di tempat ini sebagai bukti bahawa mereka telah berada di Hutan Pinus Mangunan. Setelah itu wisatawan bisa menikmati kesegaran alam dan rindangnya pepohonan di kawasan ini. Wisatan bisa berjalan mengitari jalan setapak atau bisa duduk-duduk di kursi yang telah disediakan oleh pengelola. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati segarnya udara di kawasan ini dengan tiduran di hammock yang biasanya disewakan oleh pihak pengelola kawasan hutan pinus ini.